Review Zankyou no Terror

Zankyou no Terror



Episodes: 11
Status: Finished Airing
Aired: Jul 1, 2014 to Sep 26, 2014
Premiered: Summer 2014
Producers: AniplexDentsuFuji TV,Tohokushinsha Film Corporation,Kyoraku Industrial Holdings
Licensors: Funimation
Studios: MAPPA
Source: Original
Genres: MysteryPsychologicalThriller
Duration: 22 min. per ep. 

Sinopsis

Anime ini bercerita tentang kisah dua remaja misterius yang ternyata merupakan teroris. Mereka melakukan pengeboman di beberapa tempat penting di Jepang. Setiap kali berencana melakukan pengeboman, mereka akan mengupload video ke internet berisi petunjuk di mana bom itu berada. 
Polisi kebingungan dalam memecahkan setiap petunjuk dari dua teroris yang menamai dirinya dengan nama “SPHINX”. Pelaku terorisme ini tidak mempunyai nama, sejak kecil mereka dikenal sebagai ’Nine’ dan ‘Twelve’. Namun ada satu orang detektif dalam kepolisian yang bisa menandingi kecerdasan mereka, Shibazaki.


Story

Sedikit spoiler jadi mungkin kalian ingin menutup mata membaca bagian ini, anime dibuka dengan seorang pria sedang “bekerja” disebuah pabrik nuklir tetapi ternyata pria tersebut bukanlah seorang pekerja melainkan kriminal, pria tersebut mencuri sebuah bom dengan daya nuklir kecil dan melarikan dari dari pabrik tersebut dibantu oleh kawannya, kedua orang tersebut adalah karakter utama anime ini btw, selain menceritakan kedua karakter tersebut, anime ini menceritakan tentang seorang gadis SMA yang bernama Lisa Mishima, yang nantinya akan bergabung bersama kedua orang tersebut karena sering dibully disekolah dan kondisi rumah tangga yang acak-acakan, ketiga orang tersebut akhirnya menjadi buronan atau teroris yang suka membom tempat-tempat umum yang ada dijepang mereka pun dicari oleh kepolisian seluruh jepang karena berbahaya bagi masyarakat, semakin berjalannya cerita kedua pria tersebut merupakan seorang pasien dari sebuah rumah sakit yang melakukan eksperimen kepada anak kecil/remaja, dan kedua pria tersebut berhasil kabur bersama dengan satu orang lagi yang masih tidak diketahui identitasnya, pada beberapa poin dicerita karakter misterius diperkenalnya, karakter tersebut adalah seorang perempuan yang dengan mudah menjawab semua teka-teki yang diberikan oleh karakter utama dan semuah strateginya berhasil digagalkan oleh wanita tersebut, karakter utama kita pun merencanakan sebuah taktik untuk menjebak wanita tersebut and they did it, saya tidak ingin merusak pengalaman kalian menonton seri ini jadi spoiler end here, yang pasti anime ini jadi hancur nanti ceritanya.

Tentu saja pertama kali saya menonton anime ini saya langsung tertarik dengan konsep cerita dan premis yang disuguhkan dianime ini, "Anime tentang teroris? why not", tetapi sayang seperti yang saya tulis dijudul bagian story, anime ini dimulai dengan start yang baik, mempersembahkan suspense dan thrill sungguhan melalui ceritanya atau teka-teki yang diberikan oleh karakter utama, tidak seperti anime lainnya, anime ini mengelola potensinya sebagai anime psikologi dan thriler dengan sepenuhnya namun setelah hampir mencapai ending, dalam kasus ini hampir mencapai episode terakhir anime ini berubah menjadi trainwreck, bagaimana bisa well because motif mereka benar-benar sangat simple, padahal saya berharap banyak saat menonton anime ini, karakternya benar-benar sangat bodoh diakhir serinya and tidak lupa juga endingnya yang sangat buruk, anime ini menghancurkan semua hal yang telah dibangun sejak episode pertama, benar-benar sangat mengecewakan padahal anime ini hampir memiliki satu langkah lagi untuk menjadi anime “masterpiece” dan menjadi salah satu anime favorit saya but they blew it away, such a waste.

Karakter

Pengembangan karakter di anime ini cukup baik dan konsisten sampai akhir, walau ada satu karakter yang dirasa menyebalkan namun perlu untuk untuk menguatkan intrik dan ketegangan yang terjadi dalam seri ini. Karakter utama di seri ini, Nine dan Twelve, berlaku bagai Yin dan Yang, di mana Nine memiliki pembawaan yang dingin dan tegas, sedangkan Twelve memiliki pembawaan yang santai dan mampu mencairkan suasana yang tegang sehingga cerita pun berjalan begitu emosional ketika ada satu karakter yang hilang.




Ratings 
Story : 8/10
Grafis : 7/10
Karakter : 7.9/10 

Secara keseluruhan, Zankyou no Terror mampu membawa penonton melihat perspektif lain dari terorisme, kata yang sering diasosiasikan dengan ketakutan. Seri ini mampu menggabungkan cerita yang dalam dengan action yang menengangkan dan seru tanpa terkesan berat atau susah dipahami.

Ya, itulah tadi review Zankyou no Terror dari pendapat pribadi saya dan saya juga menyarankan teman-teman sekalian untuk menonton anime ini. Mungkin jika kamu udah pernah nonton anime ini, kamu bisa tinggalkan komentar tentang anime ini. \( ̄▽ ̄)/

  

Previous
Next Post »